Minggu, 31 Oktober 2010

Teknik - Teknik Bermain Futsal

Teknik Dasar :

          Dalam futsal ada beberapa elemen dasar yang harus dipahami ketika bermain futsal, secara umum, tidak berbeda jauh dengan bermain sepak bola konvensional. Namun ada beberapa yang perlu dilakukakan dengan keahlian khusus. Berikut teknik-teknik dasar dalam futsal yang mutlak harus di kuasai oleh setiap pemain futsal :

1. Kontrol Bola
         Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki dalam, kaki luar dan telapak kaki sebelah depan memanfaatkan sol sepatu. Teknik mengontrol bola dengan sol dalam futsal sangat penting sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain.

2. Passing (Pengumpanan)
          Operan bisa dilakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki. mau memakai kaki dalam, kaki luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah tidak ada yang salah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki dalam dengan arah mendatar. Pasalnya, operan ini memiliki akurasi paling baik di banding yang lainnya. Termasuk umpan panjang yang menyusur lapangan. dan juga yang paling penting ketepatan mengoper bola pada kawan.

3. Jaga Stamina
          Lapangan futsal relatif kecil, baik itu lapangan indoor /outdoor biasa maupun lapangan yang menggunakan rumput sintetis tapi kadang kita terlalu asyik lari kesana kemari sehingga terlalu banyak gerak yg mengakibatkan kita cepet lelah. Lebih baik ada pembagian yang tertata dalam menyerang ataupun bertahan. saat menyerang pake umpan2 kecil dan saat bertahan langsung buang bola, sehingga pemain yang ada didepan bisa membantu pemain belakang dalam bertahan.

          Saat stamina Anda habis, istirahatlah. Isi atau tambah kembali stamina Anda misalnya dengan menkonsumsi air yang sehat. Salah satu contoh air sehat adalah air RO yang mudah-mudahan bermanfaat untuk menjaga stamina Anda.


4. Tips Mencetak Gol
           Karena gawangnya kecil dan celah nyetak tidak besar. Usahakan bola ngeluncur seperti pisang tapi mendatar bila dari sisi samping kita giring bola ke tengah sebelum sampai ditengah langsung tendang aja. kalau dari kanan lawan berarti nendang ke pojok kiri kiper.

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar